Di era modern ini hampir setiap bangunan dan hunian banyak didominasi oleh material kaca pada setiap interior ruangannya. Kaca merupakan material yang bersifat transparan dan mudah untuk diaplikasikan pada setiap konsep ruangan. Kesan transparan yang dimilikinya sangat disukai banyak orang karena dinilai mampu menjadikan ruangan menjadi lebih elegan dan juga mempesona. Adapun jenis kaca yang paling sering digunakan adalah jenis kaca tempered. Kaca jenis tempered ini sering digunakan karena memiliki kekuatan yang lebih baik daripada jenis kaca lainnya.

Harga jual kaca tempered juga dibanderol dengan sangat terjangkau sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk menggunakannya. Meski kaca jenis tempered sering dibanderol dengan harga yang murah, namun bukan berarti menjadikannya sebagai material yang murahan. Sama seperti material lainnya, meski kuat kaca jenis tempered juga sangat perlu untuk dibersihkan secara rutin. Untuk membersihkan material kaca, baik itu jenis tempered atau jenis lainnya tidak harus selalu menggunakan cairan-cairan kimia.

Siapa sangka, bahan-bahan alami yang sering ditemukan dalam keseharian justru bisa menjadi pembersih kaca yang paling efektif. Nah, penasaran bukan apa saja bahan alami untuk membersihkan kaca? Yuk langsung saja simak uraiannya di bawah ini!

3 Bahan Alami untuk Membersihkan Kaca

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, meski harga jual kaca tempered dan sejenisnya sering ditawarkan dengan cukup murah namun bukan berarti Anda menganggapnya sebagai material yang murahan. Pembersihan pada kaca harus dilakukan dengan tepat, agar kaca selalu berada dalam kondisi yang bersih sehingga terhindar dari segala kerusakan. Dan inilah beberapa rekomendasi bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan kaca, dijamin kaca akan tampak kinclong seperti baru!

1. Perasan Air Lemon

Kaca tempered merupakan kaca yang memiliki ketebalan lebih ekstra daripada jenis kaca lainnya. Kaca ini biasanya sering digunakan untuk ruangan-ruangan khusus seperti loket pembayaran, atau jendela dan pintu kaca di ruang perkantoran. Dalam beberapa kondisi, debu dan kotoran yang menempel sangat sulit untuk dibersihkan sehingga kaca terlihat sangat buruk dan merusak keindahan ruangan. Salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk membuat kaca kembali kinclong, yaitu dengan menggunakan perasan air lemon.

Caranya cukup mudah dan simpel, Anda hanya perlu mengganti cairan pembersih kaca menggunakan air perasan lemon dan bersihkan kaca secara perlahan menggunakan kain lap yang bertekstur lembut.

2. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Minyak kelapa biasanya sering digunakan sebagai bahan untuk makanan, namun tanpa banyak orang ketahui ternyata minyak kelapa merupakan bahan alami yang sangat ampuh untuk membersihkan kaca. Dalam menggunakannya, Anda hanya perlu mengolesakan minyak kelapa secara tipis saja. Lalu usap secara perlahan menggunakan kain lap yang kering. Setelah selesai, kemudian usap kembali kaca menggunakan kain lap basah. Dijamin setelahnya kaca akan benar-benar bersih dan tampak seperti baru kembali.

3. Kentang

Siapa sih yang tidak tahu kentang? Bentuknya yang bulat dan berwarna kuning menjadi ciri khas yang disukai banyak orang. Siapa sangka, selain dijadikan sebagai olahan bahan makanan ternyata kentang bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk membersihkan kaca. Caranya cukup mudah dan simpel, Anda hanya perlu memotong kentang menjadi 2 bagian, kemudian gosokan kentang pada permukaan kaca secara menyeluruh. Diamkan selama 2 sampai 3 menit, kemudian bersihkan kaca menggunakan kain lap yang basah secara perlahan.

Menggunakan kentang bukan hanya bisa menjadikan kaca kinclong seperti baru, namun kerak-kerak ataupun noda yang menempel pada kaca akan hilang secara permanen.