Keberadaan balkon pada rumah merupakan hal yang penting. Balkon adalah tambahan bangunan pada bangunan yang cenderung keluar dan terlihat menempel pada dinding bangunan. Fungsi balkon pada umumnya yaitu membantu penghuni rumah untuk dapat melihat pemandangan lebih luas dan bagus dari atas bangunan.

Selain itu balkon juga dapat menambah nilai pada desain bangunan, sehingga rumah akan tampak lebih bernilai. Jadi dengan kata lain balkon merupakan nyawa tambahan pada sebuah bangunan. Tentu selera orang mendesain balkon berbeda-beda.

Balkon Indah Nan Cantik

Balkon rumah yang atapnya sudah dilapisi oleh waterproofing membran akan semakin aman dan tahan dari air, sehingga tidak perlu khawatir jika ingin menikmati suasana kota pada saat musim penghujan. Penambahan balkon pada rumah anda akan membuat rumah semakin indah dan cantik. Inilah beberapa desain balkon cantik dan indah yang dpaat anda jadikan inspirasi membangun balkon.

1. Balkon dengan furnitur minimalis

 

Balkon dengan furnitur minimalis

Bangunan balkon yang tidak seberapa luas akan semakin tampak indah bila ditambahkan dnegan furnitur yang minimalis. Furnitur minimalis akan memberikan kesan bersih dan unik pada balkon, anda bisa tambahkan sofa gantung, atau sofa dengan desain sedehana. Tambahkan juga tanaman agar balkon tampak segar dan kelihatan lebih berwarna.

2. Balkon elegan

 

Balkon elegan

Memiliki balkon yang elegan bukan berarti kita dapat menambahkan banyak perabotan mewah di balkon. Hanya dengan menggunakan perabotan yang minimalis anda dapat menciptakan balkon sederhana tetapi tampak elegan. Taruh meja dan kursi dengan pagar balkon dari material besi ringan, akan membuat balkon semakin menarik.

3. Balkon pecinta tanaman

 

Balkon pecinta tanaman

Jika tinggal di apartemen kita perlu menyiasati ukuran balkon yang tidak terlalu besar. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk anda menghias balkon dengan berbagai tanaman hias. Karena keberadaan balkon yang menempel pada bangunan menambahkan ranaman di area balkon akan semakin memperindah balkon, balkon tetap indah dan tanaman hias di area balkon tetap dapat menerima asupan sinar matahari dengan baik.

4. Balkon romantis

 

Balkon romantis

Jika anda ingin membuat balkon rumah emiliki kesan yang romantis tetapi tetap tampak minimalis, anda dapat meletakkan kursi dan meja di sudut balkon. Pasang lampu atau lilin untuk semakin mempercantik suasana romantis di balkon. Selain itu agar suasana romantis tetap segar dilihat, tambahkan tanaman hijau atau tanaman berbunga untuk semakin mempercantik suasana balkon.

5. Balkon tempat berkumpul

 

Balkon yang minimalis dapat anda manfaatkan juga sebagai tempat berkumpul dengan keluarga atau teman. Letakkan kursi-kursi yang dilengkapi perabotan yang lain untuk menambah kesan hangat pada balkon. Tambahkan meja kecil sebagai pelengkap, dan ingat jangan memilih kursi yang terlalu besar agar balkon tetap terlihat lapang.

Itulah beberapa desain balkon minimalis yang dapat anda jadikan referensi dan inspirasi menata balkon rumah anda. Tetap perhatikan cuaca jika mendesain balkon minimalis. Perhatikan apakah bangunan rumah anda sudah menggunakan sika waterproofing untuk melapisi atap rumah. Perlindungan atap menggunakan bahan waterproof, akan membuat rumah menjadi semakin kokoh, aman, dan kedap air.

Perhatikan juga letak perabotan rumah anda dengan baik agar tahan terhadap segala cuaca, pastikan atap balkon selalu dapat melindungi sofa, meja, dan perabotan lain dengan baik. Untuk hasil yang maksimal anda dpaat melakukan konsultasi dengan desainer eksterior ataupun interior rumah. Selamat berkreasi dan mengeksplorasi untuk mendekor balkon rumah anda.