Saat ini karpet sudah menjadi salah satu aksesoris utama yang digunakan untuk mempercantik ruangan. Berbagai macam jenis karpet semakin mudah ditemui dengan harga karpet yang bervariasi juga tentunya. Karpet yang berwarna putih menjadi pilihan populer bagi mereka yang menginginkan rumah tampil minimalis namun elegan. Warna putih bersih pada karpet membuat ruangan dalam rumah menjadi lebih luas serta tekesan bersih dan segar. Akan tetapi, pemilihan warna putih pada karpet justru memiliki banyak risiko, seperti mudah terlihat kotor. Untuk mendapatkan karpet berwarna putih agar selalu terlihat bersih dan bebas kotoran, maka harus rajin membersihkannya.

Cara Merawat Karpet Warna Putih

Dalam merawat karpet lantai warna putih membutuhkan perlakuan yang kurang lebih sama dengan jenis karpet lainnya. Begini caranya:

1. Memakai Alas Kaki di Dalam Rumah

Kebanyakan orang mengira bahwa area di dalam rumah sudah bersih dari debu dan kotoran, padahal pendapat itu sangat salah. Lantai rumah walaupun berada di area dalam juga kotor karena debu bisa terbawa angin masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk memakai alas kaki ketika berada di dalam rumah supaya karpet berwarna putih yang berada di dalam tidak cepat kotor akibat keringat dan debu yang menempel di kaki.

2. Membersihkan Karpet dengan Sapu atau Vacum Cleaner

Jika Anda membeli karpet di toko lantai karpet dan memilih corak putih, maka jangan lupa membersihkannya sesering mungkin menggunakan sapu atau vacum cleaner. Karpet warna putih cenderung lebih rentan terlihat kotor jika tidak sering dibersihkan, apalagi bila terkena keringat dan debu akan membuatnya terlihat mangkak. Sapu atau vacum cleaner berfungsi untuk menyedot debu  secara maksimal yang menempel di dalam karpet.

3. Membersihkan Noda di Karpet Menggunakan Cuka dan Soda Kue

Karpet berwarna putih akan sangat mudah terkena noda. Apabila noda yang menempel di karpet susah dihilangkan, maka bisa memakai cuka atau soda kue untuk membersihkannya. Cara menghilangkan noda menggunakan cuka yaitu dengan mencampurkan cuka dengan sedikit air, lalu siapkan spons dan celupkan ke campuran tersebut. Setelah itu, tekan-tekan di bagian karpet yang terkena noda sampai noda memudar dan keringkan menggunakan kain kering atau hairdryer. Sedangkan cara memakai soda kue untuk menghilangkan noda adalah cukup oleskan soda kue yang sudah dilarutkan dalam air dibagian karpet yang bernoda dan diamkan semalaman. Setelah itu, keesokan harinya sikat karpet sampai noda hilang dan keringkan.

Selain ketiga cara di atas untuk merawat karpet berwarna putih bisa juga dengan mencuci karpet secara berkala. Apabila kegiatan mencuci karpet sangat susah dilakukan seorang diri, maka bisa meminta bantuan jasa profesional. Dengan memanfaatkan jasa cuci karpet, tidak perlu khawatir lagi jika harga karpet mahal Anda akan menjadi rusak karena jasa profesional bisa menghilangkan noda lebih mudah.

Perawatan karpet lantai memang terdengar mudah, namun masih banyak orang yang malas melakukannya. Itulah sebabnya karpet menjadi sarang kuman akibat jarang dibersihkan dan menjadi kotor. Apalagi bila memakai karpet berwarna putih, meskipun terlihat lebih mewah jika Anda malas membersihkan karpet tersebut maka dapat membuat karpet putih justru terlihat buluk dan menjijikkan. Oleh sebab itu, jagalah kebersihan rumah setiap hari agar karpet dan perabot rumah tangga lainnya menjadi lebih awet.