Saat ini banyak sekali rumah-rumah menggunakan bahan kontruksi dari grc board atau papan grc. Hal tersebut karena papan yang satu ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan kekurangannya. Namun, dalam penggunaannya papan grc ini mudah retak jika kita tidak hati-hati dalam mengaplikasikannya.

GRC yang Retak

Nah, bagaimana cara mengatasi keretakan yang terjadi pada papan grc? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan tentang  kelebihan serta kekurangan papan grc dan solusi untuk mengatasi papan grc yang retak berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Papan GRC

GRC atau kepanjangan dari glass reinforce concrete merupakan salah satu jenis material kontruksi yang terbuat dari bahan sejenis beton yang dibentuk dari campuran material kontruksi, seperti: serat kaca, serat tahan alkali, agregat, akrilik, semen, polimer, pasir halus dan air.

Jika dilihat material penyusun grc, berikut adalah kelebihan dan kekurangan papan grc.

1. Kelebihan Papan GRC

 

Source via vivadecora.com.br

Banyak orang mengakui bahan konstruksi yang satu ini memiliki banyak kelebihan. Adapun kelebihan papan grc adalah sebagai berikut.

  • Memiliki sifat yang tahan cuaca, baik cuaca lembab maupun panas.
  • Tahan terhadap api. Jadi, papan yang satu ini tidak mudah terbakar sehingga aman.
  • Karena bobotnya ringan maka bersifat tidak membebani struktur bangunan.
  • Mudah dipasang sehingga menghemat waktu saat pemasangan.
  • Papan grc bersifat awet sehingga tahan lama.
  • Memiliki permukaan yang halus sehingga cocok digunakan untuk material konstruksi eksterior dan interior.
  • Penggunaan papan grc cukup hemat karena jika terjadi kerusakan, Anda hanya mengganti satu panel saja bukan keseluruhan.
  • Hemat biaya karena harga grc board cukup terjangkau dibandingkan material lainnya.

2. Kekurangan Papan GRC

 

Adapun kekurangan papan grc adalah sebagai beikut.

  • Di Indonesia, papan grc masih jarang ditemui. Kemungkinan besar hanya tersedia di kota-kota besar saja.
  • Proses pembuatannya cukup rumit dan membutuhkan tenaga ahli. Jadi, sampai saat ini hanya bisa dibuat oleh mesin pabrik.
  • Sulit didapatkan karena Anda harus memesannya terlebih dahulu. Hal tersebut membuat harga grc board menjadi lebih mahal dibandingkan dengan beton biasa.

Solusi untuk Mengatasi Papan GRC yang Retak

 

Mengatasi Papan GRC yang Retak

Setelah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan papan grc, pastinya Anda berhati-hati dalam menggunakan papan grc ini. Selain menghemat biaya, juga untuk menghindari supaya papan grc tidak retak. Hal tersebut karena papan grc di Indonesia sulit didapatkan.

Jika kemungkinan papan grc yang Anda miliki retak, berikut adalah solusi untuk mengatasinya.

  1. Pastikan Anda sudah mengetahui susunan rangka untuk memperkuat struktur papan grc pada saat pemasangan. Hal tersebut karena sifat papan grc yang mudah menyusut. Jadi, pastikan terlebih dahulu rangka penyusun grc sebelum pemasangan.
  2. Sifat grc yang sangat lentur dan mudah retak, pastikan perbanyak gantungan pada rangka. Artinya dengan memperbanyak gantungan pada rangka maka keretakan papan grc dapat dihindari.
  3. Apabila papan grc mengalami keretakan yang cukup parah maka Anda harus melakukan pendempulan atau pengomponan. Adapun proses pendempulan pada papan grc adalah sebagai berikut.
  • Lapisi bagian papan grc yang retak dengan menggunakan dempul. Namun, saat melapisi jangan terlalu tebal karena ini merupakan pendempulan yang pertama.
  • Jika dempul pertama sudah kering, langkah selanjutnya tempelkan lakban fiber dan tunggu sampai lakban kering.
  • Lapisi lakban yang sudah mengering dengan menggunakan dempul kedua. Nah, lapisan dempul ini adalah lapisan kedua.
  • Setelah lapisan dempul kedua mengering, ulangi kembali pendempulan hingga merata ke seluruh papan grc. Tunggu sampai dempul benar-benar mengering.
  • Jika dempul sudah mengering 100%, amplas dempul hingga halus. Saat melakukan pengamplasan, disarankan menggunakan amplas nomor 150 atau 120.
  • Setelah melakukan pengamplasan dan permukaan papan grc menjadi halus. Anda dapat mempoles papan grc dengan menggunakan lem fox di bagian yang retak. Kemudian lakukan finishing dengan mengecat seluruh permukaan papan grc secara merata.

Itulah solusi untuk mengatasi grc board yang retak. Anda dapat mengatasi keretakan papan grc sendiri atau dapat juga meminta bantuan tukang untuk mengatasi keretekan tersebut. Ikuti solusi tersebut langkah demi langkah supaya Anda mendapatkan hasil yang maksimal.