Gypsum merupakan jenis mineral sulfat yang berada dibumi dan merupakan kerak dari batuan sedimen. Gypsum pada umumnya berwarna putih dan seringkali digunakan pada berbagai bahan bangunan. Gypsum digunakan pada plafon rumah. tetapi tidak jarang penggunaan gypsum untuk partisi dinding. Semakin kesini ternyata permintaan masyarakat terhadap gypsum semakin meningkat.

Permintaan yang semakin bertambah membuat sebuah terobosan baru. Gypsum memang dibuat sebagai bahan bangunan dan biasa digunakan untuk beberapa bagian rumah. Penggunaan gypsum juga dapat dijadikan sebagai media penghias rumah. Gypsum mampu dibentuk sedemikian rupa sesuai keinginan pelanggan. Berikut ini cara yang dilakukan dala proses pembuatan partisi dinding gypsum custom.

Mengaduk Adonan

Gypsum terbuat dari campuran air dan casting. Campuran ini kemudian ditambahkan semen putih agar lebih kuat dan kokoh. Pada proses ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati sampai semuanya benar-benar tercampur sempurna. Gypsum yang baik biasanya berwarna putih dan sangat mulus tanpa adanya retakan.

Warna putih pada gypsum dipengaruhi oleh penggunaan semen putih. Semen putih dipilih karena memiliki daya rekat yang lebih baik jika dibandingkan dengan semen biasa. Apabila lembaran gypsum dibuat dengan semen biasa kemungkinan tidak akan sekuat gypsum saat ini.

Menuangkan Adonan Pada Cetakan

Membuat partisi dinding gypsum custom memiliki harga yang relative lebih mahal. Harga menjadi lebih mahal karena bentuk dan pola yang dibuat mengikuti keinginan dari pembeli. Padahal proses pembuatan gypsum memerlukan cetakan. Cetakan jelas membutuhkan biaya tambahan apalagi hanya digunakan dalam sekali pembuatan. Dari sisi ini mungkin dapat dipahami kenapa harganya bisa lebih mahal.

Secara logika, cetakan pada proses pembuatan gypsum biasa dapat digunakan untuk banyak percetakan. Cetakan hanya dibuat satu kali dan bisa digunakan untuk membuat berkali-kali. Cara ini jelas sangat ekonomis dan mampu menekan biaya produksi. Bayangkan jika yang dibuat adalah gypsum custom. Biaya produksi pastinya menjadi lebih tinggi.

Cetakan harus dibuat dan disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Ketika cetakan sudah dibuat maka kemungkinan besar cetakan tidak akan digunakan lagi. hal ini dikarenakan keinginan satu orang biasanya akan berbeda dengan orang lain. Yang Namanya barang custom pasti ingin memunculkan keunikan dan kekhasan tersendiri.

Jadi tidak mengherankan kalau pembuatan gypsum custom lebih mahal. Harga disesuaikan dengan biaya produksi yang dibutuhkan. Adonan yang sudah selesai dibuat kemudian dimasukkan kedalam cetakan yang sudah dibuat. Adonan pada awalnya berbentuk encer dan lama-kelamaan akan mengeras.

Proses penuangan harus dilakukan segera agar gypsum tidak mengeras terlebih dahulu. Sebelum menuangkan adonan sebaiknya olesi bagian bawah cetakan dengan minyak. Proses ini dilakukan agar adonan tidak melekat atau menyatu dengan cetakan yang telah dibuat.

Apabila proses ini diabaikan bukan tidak mungkin gypsum menjadi keras dan tidak bisa dilepas dari cetakan. Setelah itu adonan dituangkan dan diamkan selama beberapa menit. Jangan lupa untuk meratakan bagian atas gypsum agar terbentuk dengan sempurna.

Ketika list gypsum sudah tampak mengering maka tinggal melakukan langkah berikutnya. Langkah yang dilakukan adalah melepaskan gypsum dari cetakan yang telah dibuat. Hati-hatilah ketika mengerjakan proses ini. Kekurang hati-hatian bisa membuat gypsum patah dan tidak layak dijual. Bisa jadi pembeli meminta uang kembali atau memaksa dibuatkan kembali. Oleh karena itu harus berhati-hati agar tidak terjadi keraguan dan kekecewaan pada pelanggan.