Rumah pasti memiliki jendela. Jendela merupakan bagian rumah yang berdungsi memasukkan cahaya dari luar kedalam ruangan. Cahaya yang masuk akan membuat ruangan di dalam rumah terlihat terang dan hangat. Tetapi, bagaimana jadinya jika cahaya matahari dibiarkan masuk seharian penuh. Wah bisa terasa panas ruangan dalam rumah ya.

Intensitas cahaya yang masuk kedalam rumah memang harus di atur. Intensitas cahaya masuk di atur sesuai kebutuhan. Bias banyak bias juga sedikit. Solusi yang biasa dilakukan masyarakat untuk mengatur cahaya adalah menggunakan roller blind atau tirai. penggunaan tirai pada jendela baik diruang tamu atau kamar bisa membuat ruangan tidak terlalu panas atau dingin. Apabila ingin suasana hangat tirai bisa dibuka sedangkan tirai bisa ditutup jika suhu terlalu panas. Sangat simple dan mudah bukan.

Manusia memang mahluk yang diberkahi akal dan pikiran. Begitu hebatnya manusia sehingga banyak perubahan yang telah dilakukan. Perubahan pola perilaku manusia bertujuan untuk melakukan adaptasi dengan keadaan. Hal ini berkaitan pula dengan pembuatan Roller blind.

Kini kita bisa loh membuat tirai untuk kamar sendiri. Harga roller blind di pasaran beraneka ragam. Ada yang murah ada pula yang mahal. Semuanya dipengaruhi oleh jenis dan bahan yang digunakan. Membuat tirai sendiri bukan berarti kita miskin, tetapi karena beberapa orang ingin sesuatu yang khas dan berbeda dengan orang lain.

Cara Pembuatan Roller Blind

Tidak ada yang sulit apabila kita mau berusaha. Setiap manusia memiliki akal pikiran. Ini adalah modal terbesar yang dimiliki manusia. Apabila ada yang bilang tidak bisa melakukan sesuatu, bisa jadi dia adalah orang yang tidak mau berusaha dan belajar. Oleh karena itu jangan dulu bilang tidak bisa sebelum melakukan sesuatu hal.

Dalam pembuatan roller blind, kita bisa memanfaatkan berbagai jenis kain. Saya sarankan untuk menggunakan kain yang sedikit tebal seperti kain flax. Tujuannya adalah, agar tirai awet dan mampu bertahan dalam waktu yang lama. Apabila kain yang digunakan berbahan tipis dikhawatirkan kain jadi tidak rapid an banyak lekukan. Hal ini akan membuat tirai terlihat jelek.

Setelah menentukan kain, langkah berikutnya adalah menentukan motif dari kain tersebut. Motif maupun warna sangatlah berpengaruh terhadap hasil jadi nantinya. Motif maupun warna yang dipilih haruslah sesuai dengan warna tembok atau suasana yang ingin di bangun. Jangan sampai warnanya justru tidak match. Bisa kecewa nanti setelah jadi.

Langkah berikutnya adalah ukur jendela yang akan dipasangi tirai. Pengukuran ini meliputi panjang dan lebar jendela. Potong kain dan bahan bantu sesuai dengan yang dibutuhkan. Langkah berikutnya adalah pasang kain pada bagian atas jendela. Bisa menggunakan bantuan kayu atau ditempel di atas.

Jahit bagian bawah tirai dengan memasukkan bilah di bagian bawah. Bilah ini berfungsi sebagai penambah beban pada tirai. Maksudnya, tirai akan menutup jendela dengan sempurna dan tidak kabur terkena terpaan angin. Pasang bilah pada bagian atas tirai dan tempelkan pada dinding.

Dalam pemasangan tirai pada dinding, kita bisa memanfaatkan skrup. Skrup akan mengencangkan tirai dan membuat tirai menempel dengan baik. Tirai siap untuk digunakan dan mampu membuat ruangan terlihat lebih rapi. Demikian uraian mengenai pembuatan roller blind untuk jendela kamar. Bagaiamana? Mudah bukan. Sekarang silahkan praktikkan dan coba membuatnya dirumah kalian masing-masing.