Nyamuk menjadi salah satu serangga yang dapat hadir dimana saja. Hampir di setiap tempat dapat ditemukan hewan yang satu ini. Kehadiran nyamuk tidak hanya menghadirkan rasa kurang nyaman, namun di sisi lain juga berpotensi menimbulkan beragam penyakit. Mulai dari demam berdarah sampai cikungunya.

Untuk mencegah beragam masalah tersebut hadir, sebaiknya segera terapkan langkah untuk mengusir nyamuk di rumah Anda. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengusir nyamuk, beberapa di antaranya akan dijelaskan lebih lanjut di sini.

Usir Nyamuk dengan 5 Cara Ini

Ada beberapa cara yang dinilai ampuh untuk mengusir nyamuk dari rumah. Mulai cara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami sampai dengan penutupan celah-celah yang memungkinkan nyamuk masuk. Untuk lebih jelasnya baiknya simak penjelasannya di bawah ini.

1. Gunakan Bahan Tradisional

Cara pertama yang dapat dipakai mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan bahan-bahan tradisional. Ada banyak bahan tradisional yang dinilai ampuh untuk mengusir nyamuk. Cara penggunaannya pun beragam untuk tiap bahan.

Seperti contohnya adalah pada bahan kulit jeruk. Menggunakan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk cukup mudah, yaitu dengan meletakkan kulit jeruk kering di dalam ruangan. Dijamin ini akan membuat nyamuk menjauh dari ruangan Anda.

2. Jangan Biarkan Baju Menumpuk

Bagi yang suka menumpuk pakaian sebaiknya hal ini diperhatikan sedari sekarang. Jangan sampai nanti baju yang menumpuk justru menjadi sarang nyamuk. Untuk itu mulai bersihkan baju-baju tersebut. Pisahkan mana baju yang kotor dan masih bersih. Segera cuci baju kotor untuk mencegah tumpukan baju.

Utamanya untuk pakaian yang berwarna hitam. Pasalnya pakaian berwarna hitam ini dipercaya lebih mudah menarik nyamuk dibandingkan pakaian dengan warna yang lain.

3. Perhatikan Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara menjadi komponen penting yang harus diperhatikan selanjutnya. Untuk masalah sirkulasi udara ini sebaiknya konsultasikan dengan kontraktor HVAC terpercaya guna menemukan skema sirkulasi udara yang paling baik untuk rumah Anda.

Biasanya nyamuk lebih menyukai tempat lembab. Konsultasi di sini diperlukan untuk memastikan agar udara di dalam rumah tetap terasa segar serta terhindar dari kondisi yang lembab.

4. Pastikan Kebersihan Terjaga dengan Baik

Kebersihan rumah juga harus diperhatikan jika ingin menghindari datangnya nyamuk. Utamanya daerah-daerah ‘rentan’ seperti dapur sampai dengan air kamar mandi. Pemilik rumah harus melakukan pembersihan berkala untuk memastikan kondisi rumah tetap terjaga.

Jangan lupa khusus untuk bak mandi atau tempat-tempat yang rentan tumbuh jentik-jentik nyamuk taburkan obat untuk menghalau jentik-jentik tersebut. Selain itu jangan biarkan air tak terpakai menggenang di daerah yang berpotensi menjadi tempat tumbuh jentik nyamuk.

5. Pakai Alat-alat Elektronik Pengusir Nyamuk

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan peralatan elektronik anti nyamuk. Mulai dari raket nyamuk sampai dengan obat nyamuk elektrik. Hanya saja ketika menggunakan perangkat elektronik anti nyamuk ini harus dipastikan keamanannya.

Jangan sampai ternyata niat mengusir nyamuk justru berbuntut panjang. Salah satu cara mencegah hal-hal tersebut terjadi adalah dengan memanfaatkan jasa instalasi listrik terpercaya untuk pemasangan listrik di dalam rumah.

Selain itu pastikan juga efek samping dari pemakaian peralatan elektronik tersebut. Hindarkan dari jangkauan anak-anak untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Rupanya hadir banyak cara yang dapar digunakan untuk mengusir nyamuk. Kelima cara di atas adalah beberapa di antaranya. Mulai dari menggunakan beragam bahan tradisional yang ada, memastikan sirkulasi udara terjaga melalui konsultasi dengan kontraktor HVAC ternama sampai menggunakan alat-alat elektronik pengusir nyamuk.

Pilih di antara metode-metode di atas yang dinilai paling ampuh dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Jadi kira-kira mana yang akan dipilih untuk digunakan?