Jika dilihat dari cara mengaplikasikannya, ada dua jenis pintu yang sering digunakan pada bangunan umum, atau hunian pribadi yakni pintu dorong dan geser. Kedua jenis pintu ini sama-sama memilki banyak variasi dan warna yang menarik, serta bisa disesuaikan dengan kesan yang ingin ditampilkan. Namun, jika diperhatikan, jenis sliding door lebih banyak diminati oleh masyarakat kalangan atas, hal ini tentu disebabkan karena banyak keuntungan yang diperoleh.

Keuntungan Menggunakan Sliding Door

Keuntungan yang akan diperoleh jika seseorang menggunakan pintu jenis ini baik untuk rumah ataupun fasilitas umum sebenarnya bisa dilhat dari kelebihannya dibanding jenis lain. Jika anda masih ragu menggunakan pintu sliding karena takut mahal, maka beberapa keuntungan berikut bisa menjadi alasan

1. Penggunaannya yang Sangat Praktis

Keuntungan Menggunakan Pintu Geser

Salah satu ciri khas dari pintu geser adalah cara mengaplikasikan nya yang bisa dibuka tutup dengan cara menggeser daun pintu. Anda cukup memberikan sedikit tenaga pada bagian ujung pintu, dan perlahan akan tergeser sesuai dengan banyaknya tenaga yang digunakan.

Cara itu tentu jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan penggunaan pintu dorong dan tarik pada umumnya. Dimana seseorang perlu memegang pegangan pintu, lalu memberikan dorongan ke dalam untuk membuka, atau sebaliknya jika ingin menutupnya.

2.Memberikan Kesan Ruangan yang Lebih Luas

Keuntungan Menggunakan Pintu Geser

Karena cara membukanya yang digeser, maka pintu jenis sliding door ini bisa memberikan kesan ruangan yang lebih lebar dan luas. Terlebih daun pintu akan tersembunyi di balik dinding ketika sedang dibuka lebar, tidak seperti pintu lainnya yang ketika dibuka akan memakan banyak ruang.

Pintu geser ini tentu sangat menguntungkan bagi pemilik rumah yang memiliki ruangan cukup sempit dan minimalis. Walaupun keuntungan ini juga bisa dirasakan untuk semua jenis rumah, dan bisa dicoba secara dinamis.

3.Kelebarannya Mampu Menyesuaikan Kebutuhan

Keuntungan Menggunakan Pintu Geser

Keuntungan lainnya yang bisa anda rasakan ketika menggunakan jenis pintu geser adalah tingkat kelebaran atau kapasitas buka yang bisa menyesuaikan kebutuhan. Anda tidak harus membuka pintu sepenuhnya jika hanya digunakan keluar masuk sendiri.

Walaupun pada pintu dorong kapasitas bukanya juga bisa disesuaikan, namun semakin kecil lebar pintu yang dibuka, maka semakin sulit seseorang untuk masuk. Selain itu, jika ada keperluan lain yang membutuhkan kapasitas cukup luas, maka daun pintu yang terbuka bisa menghalangi seseorang untuk masuk.

4. Memberikan Tampilan Ruangan yang Elegan

Keuntungan Menggunakan Pintu Geser

Banyak di temukan, rumah di area perumahan selalu menggunakan pintu geserĀ sebagai akses utama yang menghubungkan rumah dengan lingkungan luar. Hal ini bertujuan untuk menarik minat pembeli karena tampilannya akan terlihat mewah dan elegan walaupun ukurannya kecil.

Oleh sebab itulah, pintu geser sering kali dipadukan dengan bahan kaca yang transparan agar keunggulan dari pintu jenis ini bisa lebih maksimal. Seperti kesan elegan dan area tampak lebih luas yang senada dengan sifat kaca.

5. Perawatan yang Mudah

Keuntungan Menggunakan Pintu Geser

Walaupun terlihat cukup rumit dan mahal, namun perawatan pintu sliding tentu sebanding dengan harganya. Anda tidak perluĀ  merawat serta berhati-hati dalam membuka pintu untuk menjaga gagangnya agar tidak mudah lepas.

Hal ini disebabkan karena pada pintu tidak memiliki gagang ataupun rumah kunci yang rentan rusak. Namun hanya menggunakan roda dan rel nya, yang merawatnya hanya cukup memberikan pelumas pada area tersebut secara rutin.

Demikianlah keuntungan yang pasti akan anda dapatkan jika menggunakan pintu ini sebagai interior ruangan, khususnya rumah pribadi. Kentungan ini bisa anda manfaatkan untuk mendukung desain rumah yang lebih berkelas walaupun tidak berukuran cukup besar. Namun, jika anda sudah memiliki rumah mewah, tidak ada salahnya menggunakan sliding door yang lebih praktis digunakan.