Konsep interior suatu bangunan dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, mulai dari budaya, kepercayaan atau agama, bahkan menyesuaikan interior bangunan dengan hobi sang pemilik bangunan. Jika ditinjau dari sisi religius ada beberapa aturan terkait detail konsep interior suatu bangunan, agar bangunan semakin nyaman dan memberikan ketenangan bagi penghuni rumah. Contohnya bagi umat budha mereka mengedepankan konsep feng shui untuk menata rumahnya, agar semakin dapat mendatangkan rejeki bagi pemilik rumah.

Melibatkan sisi religius untuk menata interior rumah seringkali menjadi perhatian oleh jasa desain interior. Karena di Indonesia yang dikenal sebagai negara yang masyarakatnya menganut agama, sehingga melibatkan sisi religius pada penataan ruang menjadi bahan pertimbangan juga. Seperti contoh bangunan rumah sakit yang dikelola oleh organisasi Islam, penataan ruang dan ornamen yang digunakan juga sarat dengan unsur-unsur Islami, banyak jasa interior desain menghubungi seseorang yang jual lantai vinyl rumah sakit.

Prinsip Desain Rumah Sakit Dengan Nuansa Islami

Penggunaan lantai vinyl pada bangunan rumah sakit adalah agar setiap pasien dan keluarga pasien dapat nyaman beraktivitas, biasanya keluarga pasien harus sedikit berlari-lari ketika mengurus beberapa keperluan di rumah sakit. Penggunaan lantai vinyl lebih tepat digunakan karena memiliki tekstur lebih halus, sehingga jasa desain interior menghubungi jasa jual vinyl lantai rumah sakit untuk dapat membantu mereka. Beberapa prinsip di bawah ini biasanya digunakan oleh jasa desain interior untuk mnegerjakan hunian rumah sakit bernuansa Islami.

1. Memilih ornamen dan lukisan yang Islami.

Dasar utama hunian bernuansa Islami adalah menghindari penggunaan barang yang dapat menimbulkan syirik, sehingga memilih ornamen, lukisan seperti kaligrafi Islami, atau tulisan berlafadz Allah merupakan pemilihan yang tepat. Penggunaan feng shui juga tidak diperkenankan karena dinilai juga dapat menimbulkan syirik.

2. Membuat toilet rumah sakit jangan dihadapkan atau membelakangi kiblat.

Perhatikan prinsip ini meskipun hanya membangun toilet, tetapi tetap perhatikan kaidah Islami yang utama yaitu jangan membangun toilet membelakangi atau menghadap kiblat. Diskusikan dengan jasa desain interior agar arah toilet sesuai. Memperhatikan hal-hal seperti ini juga membawa kenyamanan bagi pasien dan keluarganya.

3. Pisahkan kamar anak laki-laki dan perempuan.

ruang mushola

Umumnya rumah sakit akan mencampurkan pasien anak laki-laki dan perempuan ke dalam satu ruangan, tetapi agam Islam sangat detail mengenai ini, usahakn untuk memisahkan kamar anak laki-laki dan perempuan. Selain itu minta jasa desain interior untuk mengubungi seseorang yang jual lantai vinyl rumah sakit dengan memasang lantai vinyl agar semakin nyaman untuk digunakan diruangan anak. Sangat dianjurkan untuk memisahkan kamar anak laki-laki dan permpuan yang sudah mengalami pubertas.

4. Pisahkan tempat wudhu dan kamar mandi.

Meskipun tidak ada larangan yang khusus terkait pemisahan tempat wudhu dan kamar mandi, tetapi alangkah baiknya untuk memisahkannya. Agama Islam menyarankan untuk tidak melakukan dzikir di kamar mandi, sehingga memisahkannya dapat memberikan kenyamanan hati. Perhatikan juga setiap penataan ornamen didalam kamar mandi agar tidak menggunakan ornamen berbau Islami.

5. Buat penghalang ke dalam ruangan pasien.

Minta kepada jasa desain interior untuk membuat penghalang ke dalam ruang pasien. Agar ketika pasien yang sedang tidak menutup auratnya dapat dengan aman beraktivitas. Pilih penghalang ruang pasien yang memungkinkan pasien dan keluarganya bisa melihat keadaan di luar ruangan, tetapi orang diluar ruangan tidak bisa melihatnya.