Karpet memberikan sentuhan yang khas pada interior rumah. Menempatkan karpet pada ruangan akan membuat rumah terkesan lebih hangat serta homey. Oleh karena itulah, walaupun kita tinggal di negara sub tropis, banyak rumah di negara kita tetap menyukai penggunaan karpet lantai. Selain digunakan untuk tempat tinggal, karpet juga masih sering terlihat digunakan di tempat-tempat umum.

Tempat publik yang sangat sering terlihat menggunakan karpet misalnya pada kantor, hotel, ruang serba guna, masjid dan sebagainya. Pada studio rekaman, karpet sering digunakan salah satunya sebagai peredam suara.  Pada tempat-tempat umum, selain sebagai alas lantai, karpet bisa digunakan untuk memberi kesan mewah atau formal yang diinginkan. Harga karpet lantai yang beragam memberikan begitu banyak pilihan bagi siapa pun yang ingin menggunakan karpet sebagai elemen interior.

Karpet Untuk Berbagai Fungsi Dan Budget

Karpet digunakan karena alasan dan tujuan yang beragam. Semua disesuaikan dengan fungsinya, serta tentu saja budget. Berikut adalah berbagai jenis bahan karpet serta berbagai fungsinya, agar Anda dapat memilih yang pas dan sesuai dengan budget Anda.

1. Karpet untuk rumah tinggal

Pada rumah tinggal, selain sebagai penutup lantai yang nyaman, biasanya karpet merupakan salah satu unsur penting dalam menciptakan suasana atau elemen dekorasi. Jenis dan harga karpet yang dipilih bisa variatif sesuai budget dan kebutuhan pemilik rumah.

Untuk karpet dengan harga yang tergolong mahal, bisa digunakan karpet sutra atau wol, dimana karpet wol lebih awet dan mudah perawatannya. Karpet sutra yang menggunakan serat alami lebih mahal dan harus berhati-hati merawatnya. Sedangkan karpet nylon atau katun juga masih menarik untuk digunakan sebagai karpet rumah tinggal, dengan harga yang lebih terjangkau.

2. Karpet untuk tempat publik atau umum

Biasanya di tempat-tempat umum seperti hotel, kantor, atau masjid, karpet terutama berfungsi sebagai penutup lantai. Namun tidak dipungkiri, menggunakan karpet untuk tempat-tempat ini juga bisa memberikan suasana tertentu yang diinginkan. Biasanya karpet untuk tempat umum dipilih yang memiliki harga lebih ekonomis, awet, serta mudah dalam perawatan. Seperti karpet dari bahan nylon, polyester serta polypropylene. Sedangkan untuk jenis karpet yang umum digunakan dari bahan-bahan tersebut adalah jenis karpet roll meteran atau karpet tile.

Karpet Ekonomis, Praktis Serta Fungsional

Seperti yang disebutkan di atas, ada jenis-jenis karpet dari bahan polyester, nylon atau polypropylene yang ekonomis sehingga sering digunakan untuk tempat-tempat umum. Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang karpet roll, yang dijual per meter. Sedangkan karpet tile adalah karpet lembaran yang dipasang satuan seperti pemasangan keramik lantai, dan tersedia dalam beberapa ukuran per lembarnya. Karpet ini juga tersedia dalam berbagai motif dan warna. Kelebihan dari karpet yang dipasang satuan ini adalah:

  1. Mudah dalam pemasangan. Karena bentuknya persegi per lembarnya, maka memasang karpet ini lebih cepat karena lebih mudah untuk disesuaikan dengan ruangan.
  2. Bisa berkreasi menciptakan tampilan yang diinginkan. Karena dipasang satuan, maka seperti halnya keramik lantai, pemasangan karpet tile bisa dikreasikan sehingga membentuk pola-pola sesuai yang diinginkan.
  3. Lebih mudah untuk menjaga agar tampilannya tetap menarik. Selain mudah dibersihkan, apabila ada bagian dari karpet yang rusak atau terkena noda permanen, tinggal diganti bagian yang ternoda saja. Berbeda dengan karpet roll yang harus diganti keseluruhan.
  4. Tahan lama. Bila dirawat dengan baik, maka karpet ini bisa dipergunakan hingga belasan tahun lamanya.