Kamu sedang cari jasa floor hardener sika untuk membuat lapangan basket? Yup, nggak ada salahnya mengetahui hal-hal dasar dulu kan? Salah satu kegiatan konstruksi, floor hardener pastinya nggak asal buat. Para pekerja yang melakukan aktivitas untuk floor hardener biasanya merupakan bagian dari proyek kontruksi.

Floor hardener sendiri merupakan sebuah bahan, yang memiliki fungsi sebagai pengeras juga pelicin beton. Pasti untuk kamu yang masih asing dengan istilah floor hardener, pernah melihat area parkir, area ada alu lintas, juga ruangan pada gudang pabrik memiliki lantai yang licin dan keras. Yup, area-area tersebut menggunakan floor hardener.

Floor hardener terdiri dari berbagai macam material seperti semen, pasir, grading, silika, juga pigmen. Dasarnya, material floor hardener bersifat bubuk yang kemudian ditaburkan pada beton yang basah. Setelah penaburan rata, barulah melakukan trowel finish, dengan tujuan agar hasilnya permukaan lebih keras. Namun, memiliki permukaan yang rata dan halus.

Jasa Floor Hardener Jakarta

Lapangan basket sebagai tempat olahraga yang cukup populer juga menggunakan tekhnik dan bahan floor hardener, lho. Untuk kamu yang punya proyek ataupun memiliki impian untuk membuat lapangan basket di taman-taman, harus tahu terlebih dahulu. Ternyara, floor hardener terdiri dari dua jenis, lho.

  1. Bahan natural: bahan ini sangat mirip dengan warna asli dari sebuah semen, abu-abu. Dengan bahan ini harga yang dikeluarkan lebih miring ketimbang bahan yang berwarna.
  2. Bahan berwarna: banyak warna yang tersedia, seperti merah, hijau, kuning, hingga biru. Sudah pasti mengeluarkan biaya yang lebih mahal karena ornamen warna yang dihadirkan pada floor hardening.

Melihat dari bahan floor hardening tersebut, untuk pembuatan lapangan basket pada taman pastinya bisa menggunakan jasa floor hardener sika dengan bahan yang kedua, bahan berwarna.  Lapangan basket memang memiliki ciri khas dengan lapangan dan garis yang berwarna. Dengan bahan yang berwana pula lah, kamu bisa berekspresi membuat lapangan basket yang beda dari biasanya. Misalnya, menambahkan unsur graffiti ataupun gambar ilustrasi yang membuat lapangan basket lebih menarik.

Ada juga syarat yang harus kamu ketahui saat memilih atau mencari jasa floor hardener jakarta, pastikan jasa tersebut memiliki standar atau syarat seperti ini:

  1. Pengecoran lantai tidak sembarang, sebaiknya menggunakan sistem kotak catur yang kemudian dijidar dan diroskam agar permukaan bisa merata dengan baik. Dari sistem catur kotak, saat air yang naik kepermukaan lantai sudah hilang yang mana telah setting time, maka proses floor hardener bisa dilanjutkan.
  2. Pada penaburan pertama, 2/3 bagian diratakan dengan roskam kayu sesuai dengan takaran floor hardener yang telah ditentukan.
  3. Pada penaburan kedua, 1/3 bagian juga diratakan dengan roskam kayu dengan menaburkan bubuk secara menyilang. Setelahnya ratakan dengan roskam besi.
  4. Tunggu kira-kira satu jam untuk memulai pemakaian mesin trowel. Ada keuntungan untuk penggunaan mesin trowel, yaitu hasil lebih padat dan halus, waktu pekerjaan juga lebih singkat dibandingkan menggunakan teknik lainnya.
  5. Setelah semua proses selesai, tunggu dua hingga tiga jam agar lantai bisa dilakuan tekhnik curing compound. Tekhnik tersebut dapat mencegah penguapan air beton karena fungsi dari curing yang dapat membentuk film guna menutup pori-pori pada beton. Selain itu, dengan menggunakan tekhnik curing, lantai jadi lebih mudah dibersihkan karena halus dan kotoran tidak masuk pada pori-pori lantai.

Sebagai tambahan dan perhatian khusus, lantai yang telah selesai dikerjakan nggak boleh terkena air hujan, terhitung 48 jam. Lantai juga tidak langsung dipakai dalam kurun waktu seminggu pertama agar mengeras dengan sempurna. Untuk area yang terbuka, lantai bisa di tutup menggunakan goni basah agar mengurangi kemungkinan terjadinya keretakan.