Dunia saat ini merupakan dunia yang sarat dengan perkembangan teknologi, hingga semua lini kehidupan menggunakan teknologi. Tidak terkecuali dengan toko yang kini sudah mulai beralih ke dunia online karena dianggap lebih hemat dan mudah.

Namun karena toko online merupakan toko yang “tidak nampak” di mana transaksinya pun terjadi hanya lewat dunia maya, banyak pihak tidak bertanggungjawab yang justru memanfaatkan situasi ini untuk keuntungan semata. Oleh karenanya, masih banyak masyarakat yang setia dengan toko offline, mereka percaya bahwa toko offline lebih mudah dengan transaksi yang jelas dan jauh dari penipuan.

Pada akhirnya toko online dan offline bersaing dengan cukup ketat. Toko online bersaing dengan mengoptimasi website dan memberikan tampilan dan penawaran yang banyak. Sedangkan toko offline berupaya dengan mendekorasi interiornya agar semakin banyak diminati.

Tips Dekorasi Toko Kekinian

Tips Dekorasi Toko Kekinian

Mendekorasi interior toko di zaman sekarang tentu harus menyesuaikan juga dengan gaya kekinian agar mampu mempertahankan peminat, karena mau tak mau pembeli saat ini memiliki karakter di mana dekorasi tempat pun menjadi pertimbangan untuk memenuhi status update media sosial masing-masing. Adapun tips mendekorasi toko kekinian antara lain:

1. Tentukan tema

Tema merupakan komponen yang sangat penting untuk menentukan dekorasi toko ke depannya. Tema yang ditentukan akan menentukan warna hingga furnitur yang digunakan dalam toko. Adapun tema yang dapat digunakan agar sesuai dengan minat pasar saat ini adalah tema vintage, yaitu tema bernuansa tahun 70an dengan ciri khasnya yang berwarna coklat dan “luntur”. Tema retro yang juga merupakan tema bernuansa tahun 70an yang memiliki gaya warna yang berani. Tema industrial, yaitu tema yang mengangkat nuansa industri di mana interior tampak seperti “belum selesai” dengan beberapa bagian tanpa finishing dan menonjolkan rangka bangunan. Tema modern, yaitu tema yang memunculkan tema yang bersih, natural, dan luas. Tema kontemporer yaitu tema yang desainnya selalu mengikuti perkembangan zaman. Dan masih banyak tema-tema lainnya.

2. Furniture

Pasang furnitur yang unik yang menarik perhatian pembeli, seperti tempat duduk dan meja-meja yang unik dengan warna yang berani juga unik.

3. Dinding kaca dan kedap suara

Dinding kaca pada toko selalu saja berhasil menjadi primadona bagi pembeli. Hal ini dikarenakan dengan adanya dinding kaca semua aktifitas dalam toko termasuk apa yang dijual di dalam toko akan terlihat jelas sehingga pembeli akan sangat tertarik untuk masuk ke dalam toko. Selain itu buat toko kedap suara, artinya walaupun secara visual aktifitas dalam toko terlihat jelas, jangan dengan suaranya, hal ini akan semakin menarik perhatian pembeli. Untuk menciptakan toko kedap suara, gunakan dinding kaca yang tebal serta plafon akustik. Di pasaran, harga dinding kaca dan plafon akustik murah dapat ditemukan dengan mudah. Karenanya hal itu akan melancarkan proses dekorasi toko.

4. Tata produk

Tatalah produk yang dijual dengan rapi dan klasifikasikan sesuai kategori produk. Buatlah pembeli nyaman dengan mudahnya Ia menemukan apa yang Ia cari. Untuk itu menata produk menjadi proses dekorasi yang sangat penting. Menata dan mengklasifikasikan produk bisa dengan menggunakan rak atau memisahkannya dengan partisi-partisi sementara agar toko menjadi tampak sangat rapi.

5. Munculkan ciri khas

Setiap toko atau produk harus memiliki ciri khas masing-masing dan hal itu harus menjadi andalan toko untuk ditampilkan. Ciri khas ini akan menyimpan kesan yang mendalam di hati pembeli sehingga pembeli ingin masuk ke toko lagi dan lagi.

Mendekorasi toko pada dasarnya merupakan hal mudah selama pemilik toko mampu membaca pasar dengan baik, apalagi komponen dekorasi sangat mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang murah, seperti plafon akustik. Dengan adanya ketersediaan yang berlimpah tersebut seharusnya tidak ada lagi toko yang tidak mampu mendekorasi interiornya sendiri.