Kamar mandi merupakan bagian rumah yang penting untuk didesain, karena atmosfernya yang cenderung lembab akan membuat penghuni menjadi tidak nyaman apalagi jika ruangannya cukup kecil. Untuk itu Anda harus menyiasatinya dengan melakukan desain pada kamar mandi. Berbagai inspirasi gaya desain kamar mandi bisa Anda dapatkan melalui internet. Salah satu konsep desain kamar mandi yang sedang populer adalah penggunaan pintu kaca aluminium. Penggunaan komponen kaca membuat kamar mandi terlihat elegan dan lebih luas.

Tips Membuat Desain Kamar Mandi Minimalis yang Nyaman

Jika Anda ingin menerapkan desain kamar mandi yang minimalis maka Anda bisa menyimak beberapa tips di bawah ini. Dengan menerapkan desain yang sesuai maka Anda bisa meningkatkan kenyamanan penghuni rumah. Berikut tipsnya.

1. Tempatkan hanger di belakang pintu.

Hanger sangat membantu untuk meletakkan handuk ataupun pakaian ketika Anda di kamar mandi. Untuk praktisnya Anda bisa memasang hanger di balik pintu. Dengan begitu Anda tidak memerlukan rak atau pun lemari yang bisa mempersempit ruangan. Dengan menggunakan hanger Anda bisa dengan mudah mengambil pakaian dan juga meletakkannya kembali.

2. Tidak perlu menggunakan jendela pada bagian kamar mandi.

Tidak seperti bagian rumah yang lainnya, sebaiknya kamar mandi tidak perlu menggunakan jendela. Anda bisa membuat lubang saja untuk ventilasi udara. Jika terdapat jendela maka akan terlihat jelas bagian kamar mandi yang sempit untuk itu sebaiknya tidak perlu ada. Lubang ventilasi sudah cukup untuk membangun sirkulasi udara pada kamar mandi.

3. Kurangi penggunaan barang berlebih di kamar mandi.

Untuk memberikan kenyamanan sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan banyak barang di kamar mandi. Gunakanlah organizer yang dibutuhkan saja dan gunakanlah kaca untuk bercermin. Kurangi penggunaan meja atau lemari di dalam kamar mandi agar tidak semakin sempit. Dengan begitu Anda juga bisa berhemat dan tidak perlu membeli perabotan yang tidak dibutuhkan.

4. Hindari menggunakan bathtub.

Untuk membangun kamar mandi dengan konsep minimalis, maka Anda tidak boleh menggunakan bathtub di dalamnya. Hal tersebut akan membuat ruangan akan semakin sempit. Penggunaan bathtub hanya untuk kamar mandi yang luas. Untuk meningkatkan kenyamanan sebaiknya Anda tidak perlu menggunakannya. Sebaiknya gunakan shower dan closet saja. Meskipun kecil, namun kamar mandi Anda tetap akan berfungsi secara maksimal.

5. Gunakan wallpaper untuk memperindah desain kamar mandi.

Untuk memperindah tampilan kamar mandi, Anda bisa menggunakan wallpaper untuk menghiasi bagian dinding. Pilihlah bahan wallpaper yang tahan terhadap air agar tidak mudah terkelupas. Gunakan motif yang menarik dan memberikan kesan luas pada ruangan. Anda juga bisa menggunakan desain batuan untuk bagian dinding.

6. Tempatkan organizer pada bagian dinding.

Untuk menghemat ruangan, Anda bisa meletakkan peralatan mandi di bagian dinding seperti bagian sudut. Selain menghemat tempat Anda bisa lebih mudah untuk menggunakannya. Letakkan organizer dekat dengan sumber air agar lebih memudahkan. Gunakan alas plastik agar tidak mudah berkarat karena sering terkena air. Pasang posisi penyangga dengan benar agar tidak mudah terlepas.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk desain kamar mandi. Anda bisa menerapkannya bersama konsep yang Anda sukai. Usahakan jika kamar mandi terlalu kecil maka gunakanlah desain yang paling simple saja. Gunakan warna dinding yang terang untuk membuat kesan lega pada kamar mandi Anda juga menggunakan pintu aluminium kaca untuk memberikan kesan nyaman saat di kamar mandi.