Material gypsum telah lama menjadi kegemaran banyak orang untuk membuat dekorasi interior yang menarik. Bukan cuma plafon gypsum, lis gypsum pun juga banyak dipakai sebagai penghias sisi pinggir ruangan. Lis ini berfungsi untuk mempercantik sisi-sisi ruangan dengan motif tertentu yang memberikan kesan elegan. Akan semakin bagus bila ditunjang dengan pencahayaan ruangan yang optimal dan tertata secara apik. Nah, jika kamu tertarik untuk memasang lis gypsum, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar hasil pemasangan bisa maksimal. Yuk, simak ulasan di bawah ini!

5 Tips Pemasangan Lis Gypsum

Tips Pasang Lis Gympsum di Rumah

Memasang lis gypsum tentu saja berbeda dengan plafon gypsum. Lis gypsum memerlukan ketelitian yang lebih tinggi karena peletakannya di sisi ruangan. Lis biasanya dipasang di baian atas dan tepai ruangan untuk menutupi sisi polos. Dengan adanya lis gypsum, pemandangan ruangan pun akan lebih indah dan terkesan elegan. Bila kamu ingin memasang lis gypsum untuk ruangan di rumah, ada 5 tips yang perlu kamu perhatikan berikut ini.

1. Pengukuran Harus Presisi

Kunci utama pemasangan yang pas adalah pengukurannya harus presisi. Sebelum lis gypsum dipasang, pastikan bahwa ukuran area yang akan dipasangi telah sesuai. Jangan sampai ukuran menjadi terlalu kecil atau terlalu besar. Ukuran yang pas akan membuat hasil pemasangan lis gypsum sempurna. Begitu juga sebaliknya, bila lis gypsum ukurannya kurang atau kelebihan, maka hasilnya jadi tidak enak untuk dipandang. Selain itu, pengukuran yang presisi bisa membantu kamu untuk mengukur kebutuhan lis gypsum yang akan dibeli.

2. Pilih Motif yang Elegan

Lis gypsum mempunyai beberapa motif yang bisa kamu pilih sesuai selera. Pilihlah motif yang paling sesuai dengan seleramu dengan memperhatikan tingkat elegansinya. Sebisa mungkin jangan memasang lis gypsum dengan motif yang terlalu “ramai” agar tidak terkesan norak. Sebaiknya pilihlah lis gypsum yang mempunyai motif sederhana namun menimbulkan kesan “wah” saat dipasang. Agar mendapatkan motif yang terbaik, jangan segan untuk membandingkan berbagai motif di beberapa toko yang menjual lis gypsum.

3. Pasang di Ruang Utama

Seperti yang sudah disebutkan di atas, fungsi utama lis gypsum adalah untuk mempercantik ruangan di rumah. Itu berarti pemasangan lis gypsum diutamakan di tempat ruangan utama yang banyak orang di dalamnya, seperti ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur. Namun, bila kamu mempunyai budget yang cukup untuk menambah lis gypsum untuk ruangan lain, boleh juga untuk memasangnya di kamar mandi atau dapur sebagai penambah hiasan. Oh ya, perhatikan juga dekorasinya; apakah mau dipasang di seluruh sisi ruangan atau di sisi tertentu saja.

4. Pastikan Plafon Tidak Bocor

Pemasangan lis gypsum akan menjadi percuma bila plafon mengalami kebocoran. Air yang merembes atau menetes dari plafon akan merusak lis gypsum dan membuat tampilan jadi tidak sedap dipandang. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk memasang lis gypsum, pastikan terlebih dahulu plafon ruangan tidak bocor. Jika ada kebocoran, segera perbaiki. Karena kalau tidak begitu, keindahan lis gypsum akan sirna oleh rembesan air hujan yang masuk ke dalam ruangan.

5. Beri Warna yang Selaras

Saat lis gypsum sudah berhasil dipasang, tugas kamu berikutnya adalah memberi warna yang tepat. Tipsnya, beri lis gypsum warna yang selaras dengan warna yang dominan di ruangan. Misalnya ruangan berwarna dominan oranye, maka kamu dapat memberikan warna kuning atau oranye juga untuk lis gypsum. Hal ini penting untuk dilakukan agar warna lis gypsum tidak jauh berbeda dengan warna ruangan sehingga menimbulkan kesan “bertabrakan warna”.